skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Jantung Rematik

Penyakit Jantung Rematik

Penyakit Jantung Rematik (PJR) atau dalam bahasa medisnya Rheumatic Heart Disease (RHD) adalah suatu kondisi dimana terjadi kerusakan pada katup jantung yang bisa berupa penyempitan atau kebocoran, terutama katup mitral (stenosis katup mitral) sebagai akibat adanya gejala sisa dari Demam Rematik (DR).

Bagian yang serius dari penyakit ini ialah bahaya yang diakibatkannya pada katup-katup jantung. Penyebabnya adalah kuman streptococcus yang terdapat di kerongkongan. Karena adanya kuman-kuman itu, tubuh menjadi sangat sensitif dan reaksi alergi inilah yang menyebabkan kerusakan.

Penyakit demam rematik umumnya sering terjadi pada anak-anak berusia 5 sampai 15 tahun. Jarang sekali ada kasus penyakit demam rematik yang terjadi pada anak dibawah umur 5 tahun maupun pada orang dewasa.

 

Kenali Ciri-ciri penyakit jantung rematik ini:

Gejala awalnya si anak akan merasa sakit di kerongkongan, beberapa hari atau minggu kemudian kemungkinan sianak akan merasa demam, sakit di persendian, kadang-kadang kurang/hilang nafsu makan, berkeringat banyak dan timbul ruam atau seperti cacat bintik-bintik nerah dan gatal.

Dalam manifestasinya, gejala bisa berbeda-beda. Hal inilah yang menjadikan sulitnya menegakkan diagnosa.

Penyakit jantung rematik ini termasuk penyakit menular dari gen orang tua pada anaknya, seperti, orang tua waktu masa kanak kanaknya mengalami penyakit jantung rematik kemungkinan anak-anak mereka juga akan menderita demam rematik. Dimana banyak sekali terdapat anak-anak atau remaja yang tinggal bersama-sama, selalu ada kemungkinan terjangkit demam rematik.

 

Beberapa gejala dari penyakit jantung rematik, meliputi:

  • Sesak napas, karena adanya gangguan pada organ jantung
  • Nyeri sendi yang berpindah-pindah
  • Adanya bercak-bercak berwarna kemerahan pada bagian kulit
  • Korea atau gerakan tangan yang tidak beraturan serta tidak terkendali
  • Adanya benjolan-benjolan kecil pada bagian bawah kulit
  • Rasa nyeri pada bagian perut
  • Berat badan berkurang
  • Demam tinggi
  • Rasa signifikan lelah

Penyakit jantung rematik biasanya setelah demam rematik.

Pusing, dada terasa sakit, kelelahan, dan napas yang pendek-pendek merupakan gejala utama penyakit rematik jantung. Meski demikian, gejala ini kemungkinan baru terasa bertahun-tahun setelah penyakit demam rematik reda.

Meski awalnya infeksi tenggorokan disebabkan oleh bakteri, tapi penyakit demam rematik dapat berkembang bukan karena bakteri, namun karena respons kekebalan tubuh. Saat tubuh mengalami infeksi streptokokal, sistem imun tubuh melindungi diri secara otomatis dengan cara menyerang bakteri kembali.

Tetapi terkadang sistem imun ini justru menyerang jaringan tubuh, seperti jantung dan sendi. Serangan pada jantung menyebabkan katup jantung membengkak sehingga memicu timbulnya jaringan parut pada pintu katup (valve).

Dalam kasus yang tidak parah, kondisi ini dapat ditangani dengan obat penghambat ACE yang berfungsi melemaskan arteri sehingga darah dapat lebih mudah dengan leluasa ke seluruh tubuh. Namun pada beberapa kasus, penyakit jantung rematik dapat memicu fibrilasi atrial yang menyebabkan jantung berdetak tidak normal dan bahkan meningkatkan risiko stroke.

Lebih jauh lagi, dalam kasus yang lebih parah, jantung tidak dapat memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh. Kondisi ini disebut gagal jantung. Selain infeksi bakteri tertentu, riwayat keluarga yang pernah mengidap penyakit jantung rematik dan lingkungan (seperti sanitasi yang buruk) menjadi dua faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit jantung rematik.

Risiko penyakit jantung rematik sebenarnya berpotensi dikurangi jika bakteri streptokokus dapat segera dihilangkan dengan mengonsumsi antibiotik hingga habis. Oleh karenanya, saat radang tenggorokan tiba, sangat penting untuk menghabiskan antibiotik bila diresepkan dokter.

Apa Itu Heavenliquid!?

Heavenliquid, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Nanotechnology Organik yang di produksi khusus untuk mengatasi masalah Anda, yaitu Menjaga Stamina tubuh dan Memperkuat atau Meningkatkan Daya Tahan tubuh. Formula Organik Heavenliquid adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang Tim Formulator kami lakukan.

Formula Organik Heavenliquid mengandung asam amino esensial yang berfungsi untuk regenerasi sel. Berbagai protein esensial yang terkandung dalam Formula ini mudah untuk diserap oleh tubuh dan memberikan energi yang cukup untuk proses metabolisme tubuh..

]