skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Rematik Jantung

Rematik Jantung

Hati-hati jika kamu atau anak kamu mengalami sakit tenggorokan ringan lebih dari 2-3 hari, sakit tenggorokan parah tanpa disertai gejala pilek lain (seperti hidung meler, bersin, dan batuk) dengan disertai demam tinggi, sakit tenggorokan yang disertai pembengkakan kelenjar getah bening, ruam kemerahan pada dahi dan leher, sulit menelan makanan, keluarnya darah dari hidung (mimisan), atau lidah yang berwarna merah berbintik-bintik.

 

Demam Rematik yang Mengawali Penyakit Jantung Rematik

Demam rematik paling umum terjadi pada anak-anak kisaran usia 5-15 tahun. Penyakit ini umumnya terjadi di daerah-daerah dengan sanitasi buruk, padat penduduk, dan terbatasnya akses ke sarana kesehatan.

Penyakit demam rematik umumnya ditandai dengan gejala-gejala berikut:

  • Nyeri sendi
  • Artritis atau radang sendi. Nyeri sendi ini sering terasa pada lutut, siku, pergelangan tangan, tangan, dan kaki. Nyeri sendi dapat berpindah-pindah dari satu sendi ke sendi lain. Gejala artritis ini umumnya dapat hilang dalam waktu 1-1,5 bulan tanpa kerusakan permanen.
  • Demam
  • Dada terasa nyeri
  • Kelelahan
  • Muncul ruam yang tidak terasa sakit dengan tepian yang tidak teratur dan agak menebal/menimbul
  • Pada kasus yang parah, kondisi ini dapat menyebabkan peradangan pada jantung/karditis. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak dan menyebabkan jantung sulit memompa darah ke seluruh tubuh. Dada yang terasa sakit, batuk yang tidak kunjung reda, detak jantung tidak teratur adalah gejala-gejala yang bisa ditimbulkan.
  • Peradangan pada saraf yang disebut Sydenham’s chorea

Cara terbaik untuk bertahan dan pencegahan dari penyakit jantung rematik adalah dengan memberikan obat antibiotik yang sesuai dengan resep dokter untuk menghentikan perkembangan penyakit demam rematik.

 

Beberapa faktor penyebab penyakit jantung rematik, meliputi:

1. Faktor Keturunan

Adanya antigen limfosit manusia atau HLA yang terlalu tinggi. Nilai HLA pada seseorang yang mengidap demam rematik menunjukkan adanya hubungan pada alloantigen sel B spesifik yang dikenal sebagai antibody monoclonal dengan status reumatikus.

2. Faktor Usia

Usia seseorang seperti merupakan faktor predisposisi terpenting terhadap timbulnya demam rematik maupun penyakit jantung rematik. Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak yang berusia 5 sampai1 5 tahun.

Penyakit ini paling sering terjadi pada anak yang berusia 8 tahun. Penyakit ini tidak ditemukan pada anak berusia 3 sampai 5 tahun dan jarang sekali terjadi pada anak-anak yang berusia 3 maupun usia 20 tahun keatas.

3. Faktor Gizi

Keadaan gizi, pola hidup serta riwayat penyakit lain belum dapat memastikan apakah merupakan faktor predisposisi timbulnya demam rematik. Namun anak-anak yang sehat secara jasmani dan selalu menjalani pola hidup yang sehat tentunya akan kebal terhadap penyakit ini.

4. Ras Dan Etnik

Anak yang bahagia di Amerika Utara menunjukkan bahwa serangan penyakit demam rematik pertama maupun yang terjadi berulang-ulang kebanyak terjadi pada anak-anak kulit hitam. Namun data seperti ini perlu dikaji lebih dalam lagi, karena kemungkinan masih ada faktor lain, misalnya faktor lingkungan yang berbeda pada kedua golongan tersebut.

5. Jenis Kelamin

Pada sebagian data penyakit demam rematik sering terjadi pada anak perempuan. Namun data secara keseluruhan tidak menunjukkan adanya perbedaan jenis kelamin.

6. Rekasi Autoimun Tubuh

Dari berbagai penelitian telah ditemukan adanya kesamaan antara polisakarida bagian dinding sel streptococcus beta hemolitikus grup A dengan glikoprotein dalam katup jantung. Kemungkinan hal inilah yang mendukung terjadinya miokarditis serta valvulitis pada demam rematik.

Apa Itu Heavenliquid?

HeavenLiquid merupakan Formula Herbal hasil dari Autofermentasi Nanotechnology dengan bahan yang 100% alami sehingga tidak memiliki efek samping setelah anda mengkonsumsinya.
LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Formula Herbal yang kami ciptakan ini memiliki komposisi 100% Diospyros kaki.