skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
SAP Rematik

SAP Rematik

A. Pengertian Rematik

Rematik adalah penyakit-penyakit yang menyebabkan nyeri atau pegal-pegal pada anggota gerak terutama pada sendi. Ada banyak penyakit yang termasuk dalam penyakit rematik seperti Rheumatoid arthritis (RA), Osteoarthritis (OA), Lupus, dan lain-lain.

B. Faktor resiko timbulnya penyakit

  1. Umur
  2. Trauma (jatuh,terbentur)
  3. Keturunan
  4. Kelainan Bawaan Pada Tulang
  5. Kegemukan

C. Tanda dan Gejala

  1. Nyeri Sendi
  2. Kekakuan Sendi
  3. Kemerahan Pada Sendi
  4. Bengkak Pada Sendi
  5. Kelemahan Pada Otot
  6. Gangguan Gerak

D. Beberapa hal yang bisa dilakukan agar rematik tidak kambuh

1. Lakukan Aktivitas Fisik

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa olahraga dapat memperburuk sendi, tetapi sangat banyak penelitian yang menunjukkan bahwa rematik membantu mengurangi rasa sakit, kelelahan, meningkatkan fleksibilitas gerak dan kekuatan, serta membuat rematik lebih baik secara keseluruhan.

Tiga jenis latihan yang baik untuk rematik adalah latihan gerak, latihan penguatan dan latihan daya tahan (kardio atau aerobik). Aerobik air adalah pilihan yang sangat baik karena dapat meningkatkan jangkauan gerak dan daya tahan sambil menjaga berat badan dari sendi tubuh bagian bawah.

Berjalan kaki, berenang, bersepeda dan berkebun juga merupakan aktivitas yang menyenangkan dan dapat membantu meringankan nyeri di sendi.

2. Lindungi Sendi

Pelajari mekanika tubuh yang akurat, ini berguna untuk mengurangi stres pada sendi. Hindari gerakan-gerakan yang kiranya dapat membahayakan sendi, karena sendi akan lebih renta terhadap kerusakan ketika bengkak dan sakit.

Hindari pula meletakkan sendi pada posisi yang sama dalam jangka waktu lama. Bangun dan bergeraklah agar sendi tidak kaku. Istirahatlah sebelum kamu merasa lelah atau sakit.

3. Menjaga Berat Badan

Jagalah berat badan agar tidak melebihi batas ideal. Berat badan tidak hanya membantu membuat penampilan kamu lebih baik, tetapi juga membantu sendi merasa lebih baik. Mengurangi berat badan dapat membantu mengurangi stres sendi dan rasa sakit.

Selain itu, menjaga berat badan juga menghindarkan dari penyakit serius seperti penyakit jantung dan diabetes.

4. Atur Pola Makan

Makan makanan yang bervariasi dengan perbanyak buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak, juga susu tanpa lemak. Pastikan kamu mendapatkan cukup vitamin C, vitamin D dan kalsium. Lemak ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 juga dapat mengurangi peradangan di sendi.

5. Berhenti Merokok

Tidak hanya membuat kamu merasa lebih baik, berhenti merokok juga akan mengurangi risiko komplikasi rematik. Selain itu, berhenti merokok juga mengurangi risiko terkena kanker paru-paru, emphysema, dan masalah pernapasan lainnya serta penyakit jantung.

6. Mandi Air Hangat

Jika kamu merasa lelah dan pegal, mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu membuat rileks dan merasa lebih baik. Pijat ringan juga dapat membantu meningkatkan energi dan fleksibilitas.

Selain melakukan hal-hal tersebut, kamu juga bisa mencoba beberapa jenis makanan dan minuman yang berkhasiat untuk membantu penyembuhan sakit akibat radang sendi.

  • Alpukat. Kamu tidak akan menderita rematik atau arthritis selama rajin mengonsumsi alpukat matang secara teratur. Lemak yang dikandungnya mampu memberikan lubrikasi secara alami persendian tulang seperti leher, siku, pergelangan tangan, pinggul, lutut, pergelangan kaki.
  • Jus Apel. Minum jul apel yang diragikan (fermentasi) setengah cangkir, dua kali sehari akan membantu penyembuhan sakit radang sendi.
  • Asparagus. Bisa untuk mengatasi rematik.
  • Stroberi Atau Buah Beri Lain. Buah beri baik untuk penyembuhan rematik. Bisa dikonsumsi sebagai buah atau jus.
  • Jus Semangka. Untuk arthritis karena kelebihan asam urat. Segelas jus semangka (tanpa biji) pagi dan malam akan membantu mendorong keluar kelebihan akumulasi asam urat

E. Makanan yang harus dihindari

1. Tomat

Biji tomat mengandung banyak asam urat. Nah, akumulasi asam urat dalam sendi dapat menyebabkan gejala arthritis.

2. Daging Merah

Hindari daging merah, jika kamu memiliki rematik. kamu sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung fosfor seperti daging merah. Hal ini dikarenakan semakin banyak fosfor yang kamu miliki dalam tubuh, semakin banyak pula kalsium yang hilang dari tulang.

3. Susu

Susu mengandung banyak purin yang berkontribusi dalam kenaikan jumlah asam urat dalam tubuh.

4. Ikan Bertempurung

Ikan bertempurung, seperti kepiting atau udang, sangat kaya akan purin yang bisa berubah menjadi asam urat ketika kamu memakannya.

5. Minyak Sayur

Hindari minyak nabati seperti minyak kedelai atau bunga matahari. Minyak jenis ini mengandung banyak asam lemak omega-6. Lemak ini dapat meningkatkan peradangan.

6. Gula

Hindari makanan atau minuman manis yang dapat memperburuk nyeri sendi. Selain itu, penambahan berat badan juga memberi tekanan lebih pada sendi kamu.

F. Cara mengatur lingkungan

  1. Hindari lantai yang licin
  2. Penerangan yang cukup
  3. WC dibuat duduk

Apa Itu Heavenliquid?

HeavenLiquid merupakan Formula Herbal hasil dari Autofermentasi Nanotechnology dengan bahan yang 100% alami sehingga tidak memiliki efek samping setelah anda mengkonsumsinya.
LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Formula Herbal yang kami ciptakan ini memiliki komposisi 100% Diospyros kaki.